10 Manfaat Hutan Mangrove Atau Bakau Bagi Kehidupan

No comment 454 views

Manfaat Hutan Mangrove - Hutan mangrove atau yang bisa kita sebut dengan hutan bakau juga adalah salah satu hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara, dengan memiliki struktur padat atau tanah rawa. Manfaat mangrouve bisa menjadi solusi pentign untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat untuk para hewan. Kerusakan ini juga tidak hanya berdampak untuk hewan, namun juga bisa berdampak untuk manusia.

 

10-manfaat-hutan-mangrove-atau-bakau-bagi-kehidupan

 

Inodnesia memiliki hutan mangrove dengan tingkat keanekaragamannya yang tinggi. Diperkirakann, jumlah jenis tanaman yang tumbuh membentuk hutan bakau terdiri atas 202 jenis tanaman. Terkait dengan keberadaannya pad lingkungan  kita, hutan bakau sendiri memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya. Berikut adalah beberapa manfaat mangrove bagi kehidupan:

  • Melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan

Tebing gunung atau jurang yang gundul memiliki potensi untuk terjadinya erosi, demikian juga halnya dengan bibir pantai yang gundul tanpa ada tanaman. Dengan adanya populasi hutan mangrove dan tanaman bakau lainnya sangta berperan penting untuk menjaga dan melindungi pantai dari bahaya.

  • Habitat perikanan

Kawasan hutan bakau menjadi salah satu habitat yang plaing nyaman untuk bebrapa jenis makhluk hidup dan organisme. Sementara manusia membutuhkan beberapa makhluk hidup tersebut untuk memenuhi sumber nutrisi dan bahan makanan penting untuk kesehatan.

  • Sumber pakan ternak

Pohon mangrove yang telah dihancurkan dan digiling menjadi bubuk dapat dijadikan sebagai pakan ternak yang mengandung nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan ternak sapi, kambung maupun unggas.

  • Mencegah pemanasan Global

Ancaman pemanasan global yang menjadi ancaman serius untuk alam dan manusia. Dengan mengmbangkan kawasan hutan bakau maka akan menjadi salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global.

  • Menjaga kualitas air dan udara

Hutan mangrove memiliki fungsi untuk menyerap semua kotoran yang berasal dari sampah manusia maupun hasil dari kapal laut. Hutan bakau bisa menyerap semua jenis logam bahaya dan membuat kulitas air menjadi lebih bersih dan kualitas udara yang lebih baik.

  • Menjaga iklim dan cuaca

Perubahan iklim dan cuaca bisa disebabkan oleh bebrapa factor. Dan hutan mangrove menjadi sumber untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat.

  • Penyaring air laut

Kawasan ini merupakan penyangga atau penyaring rembesan air laut ke darat. Sehingga air laut yang asin akan berubah menjadi tawar ketika merembes ke danau atau kolam di darat.

  • Sebagai habitat burung dan satwa lainnya

Hutan bakau bisa menjadi habitat perkembangbiakan  berbagai jenis burung dan satwa lainnya. karena itu keberadaannya sangat dibutuhkan oleh kelestarian berbagai satwa lainnya.

  • Mencegah intrusi air laut

Intrusi laut dapat menyebabkan air tanah menjai payau, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

  • Pengembangan pariwisata

Kawasan hutan bakau bisa dijadikan atau dikembangkan menjadi salah satu objek wisata. Melalui cara ini akan menjadi tujuan wisatav dari berbagai daerah hingga mancanegara.

 

Demikian beberapa manfaat hutan mangrove bagi kelestarian alam. Semoga bisa menggerakkan hati kita untuk melestarikannya mengingat manfaat hutan mangrove yang sangat besar artinya bagi kelselamatan lingkungan.

author

Leave a reply "10 Manfaat Hutan Mangrove Atau Bakau Bagi Kehidupan"