6 Jenis Hewan Yang Sudah Punah Di Indonesia

No comment 228 views

Hewan yang sudah punah di Indonesia – Semakin pesatnya pertumbuhan manusia, maka seiring juga mau tidak mau akan mendesak keberadaan dari hewan-hewan yang memiliki habitat asli di hutan. Memeriksa beberapa makhluk yang indah kita telah punah baru-baru ini, hanya dalam kurun waktu puluhan tahun terakhir. Banyak hewan yang sudah punah disekitar kita yang jarang kita sadari. Dan lihat apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah lebih banyak kepunahan hewan.

Kita kehilangan puluhan spesies setiap hari, menurut Pusat Keanekaragaman Hayati. Hampir 20.000 spesies tanaman dan hewan berada pada risiko tinggi kepunahan dan jika kecenderungan terus, bumi bisa melihat peristiwa kepunahan massal lain dalam beberapa abad.

"Tidak seperti kepunahan massal terakhir, disebabkan oleh peristiwa seperti serangan asteroid, letusan gunung berapi dan pergeseran iklim alam, krisis saat ini hampir seluruhnya disebabkan oleh kita - manusia," jelas Pusat Keanekaragaman Hayati. "Bahkan, 99 persen dari spesies yang saat ini terancam beresiko dari aktivitas manusia, terutama mereka yang mengemudi hilangnya habitat, pengenalan spesies eksotik dan pemanasan global."

Tidak dipungkiri lagi, terdapat pula beberapa hewan yang sudah punah di Indonesia. Sehingga banyak sekarang binatang yang masuk di kategori hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang sydah semakin sedikit. Berikut daftar hewan yang sudah punah di Indonesia.

 

Harimau Bali (Panthera tigris balica)

harimau bali

 

Harimau Bali (Panthera tigris balica) adalah subspesies harimau yang sudah punah yang dapat ditemukan di pulau Bali, Indonesia. harimau ini adalah salah satu dari tiga sub-spesies harimau di Indonesia, bersama-sama dengan harimau Jawa (juga telah punah) dan Harimau Sumatera (spesies terancam punah)

Harimau Bali adalah yang terkecil dari tiga harimau sub-spesies. harimau terakhir diyakini ditembak pada tahun 1925, dan sub-spesies dinyatakan punah pada tanggal 27 September 1937. Karena pulau-pulau kecil, hutan yang terbatas, populasi yang tidak pernah lebih besar dan dianggap tidak ada yang selamat hingga hari ini.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Mamalia. Order: Carnivora. Keluarga: Felidae. Genus: Panthera. Spesies: Panthera tigris. Upaspesies: Panthera tigris balica. Nama trinomial: Panthera tigris balica. (Schwarz, 1912).

 

Kuau Bergaris ganda (Argusianus bipunctatus)

kuau bergaris ganda

 

Kuau Bergaris Ganda atau Peacock Striped ganda (Argusianus bipunctatus) adalah jenis spesies unggas diyakini pernah hidup di Indonesia (Jawa dan Sumatera) dan Malaysia. BergenUS satwa liar yang sama yang masih ada saat ini adalah Peacock Raja (Argusianus argus). Ganda Striped Peacock tidak pernah ditemukan di alam, deskripsi didasarkan pada sejumlah bulu yang dikirim ke London dan dipertelakan pada tahun 1871. IUCN memasukkan mereka dalam status punah.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Aves. Order: Galliformes.

Keluarga: Phasianidae. Genus: Argusianus. Spesies: Argusianus bipunctatus

 

Tikus Pohon Verhouven (Papagomys theodorverhoeveni)

tikus pohon verhouven

 

Tikus Pohon Verhouven (Papagomys theodorverhoeveni) adalah spesies dari keluarga (suku) tikus (tikus) yang pernah hidup di pulau Flores, Indonesia. Binatang ini dinyatakan punah oleh IUCN tahun 1996. Namun, para ahli percaya hewan ini telah punah sekitar 1500 SM. Spesies ini hanya dikenal dari beberapa fragmen subfossil ditemukan di pulau Flores, Indonesia.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: mamalia. Subclass: eutheria. Order: Rodentia. Keluarga: tikus. Subfamili: Murinae. Genus: Papagomys. Spesies: Papagomy theodorverhoeveni. Nama binomial: Papagomys theodorverhoeveni (Musser, 1981)

 

Tikus Hidung Panjang Flores (Paulamys naso)

tikus berhidung panjang flores

 

Seperti Papagomy theodorverhoeveni, Tikus berhidung  panjang Flores (Paulamys naso), hewan dari keluarga tikus hanya dikenal dari beberapa fragmen sub fosil yang ditemukan di pulau Flores, Indonesia.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Mamalia. Infraclass: eutheria. Order: Rodentia. Keluarga: tikus. Subfamili: Murinae. Genus: Paulamys. Spesies: Paulamys naso (Musser, 1986).

 

Tikus Gua Flores (Spelaeomys florensis)

 

tikus gua flores

Seperti Papagomy theodorverhoeveni, Tikus Gua Flores  (Spelaeomys florensis) hewan dari keluarga tikus hanya dikenal dari beberapa fragmen sub fosil yang ditemukan di pulau Flores, Indonesia.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Mamalia. Infraclass: eutheria. Order: Rodentia. Keluarga: tikus. Subfamili: Murinae. Genus: Spelaeomys. Spesies: Spelaeomys florensis (Hooijer, 1957).

 

Harimau Jawa ( Panthera tigris sondaica )

harimau jawa

 

 

Harimau jenis karnivora ini merupakan rumpun harimau yang tersebar diseluruh dunia.  Harimau yang hidup di pulau jawa ini dinyatakan punah sekitar tahun 1980-an, disebabkan perkembangan lahan pertanian serta perburuan besar-besaran yang mengurangi habitat asli hidup mereka. Hewan ini memiliki ukuran panjang 2.5 meter dengan bobot hingga 141 kg untuk harimau jantan dan 115kg untuk yang betina.

 

Jika tidak ada pelestarian dan kesadaran dari semua pihak, maka menjadi satu hal yang tidak mungkin bahwa beberapa tahun lagi, generasi penerus bangsa ini hanya akan dapat melihat hewan-hewan tersebut melalui buku atau media lainnya saja, bukan secara langsung karena binatang yang bersangkutan sudah punah. Oleh karena perlu adanya upaya agar mengurangi jumlah tingkat hewan hewan yang sudah punah kedepannya.

author

Leave a reply "6 Jenis Hewan Yang Sudah Punah Di Indonesia"