Berbagai Jenis Hewan Yang Hidup Di Air

No comment 200 views

Hewan Yang Hidup Di Air - Setelah membahas beberapa jenis dari ikan koi, maka kali ini kita akan mencoba melihat lagi apa hewan yang ada di dalam air. Air merupakan habitat hewan terbesar di Bumi. Terutama Lautan. Lautan begitu besar sulit bagi para ilmuwan untuk menjelajahi mereka. Informasi tentang hewan laut ini mungkin tidak selengkap semua jenis hewan yang ada di air. Hal ini diketahui bahwa kehidupan hewan dapat ditemukan di semua kedalaman laut, dari permukaan ke parit terdalam yang lebih dari tujuh mil di bawah permukaan.

Beberapa hewan laut menghabiskan sebagian besar hidup mereka di perairan dekat tanah. Kehidupan lainnya sebagian besar hidup mereka di laut yang lebih dalam terbuka. Meskipun laut terbuka adalah habitat terbesar, diperkirakan bahwa hanya lima persen dari spesies hewan di dunia tinggal di sana. Berikut akan kita bahas beberapa jenis hewan yang hidup di air, baik itu air tawar maupun di air laut.

Jenis hewan hidup di air:

 

  1. Lumba-lumba

hewan-air-lumba-lumba

 

Jenis hewan laut ini mungkin yang paling menarik perhatian manusia. Lumba-lumba termasuk hewan yang memiliki kecerdasan diatas simpanse dan dapat berkomunikasi dengan manusia. Selain cerdas, hewan air ini juga lucu dan bersahabat. Lumbalumba tau dolphin ini mampu berinteraksi dengan baik dan sangat dekat dengan manusia . dia juga sangat respek dan berempati dengan manusia sebagai contohnya dia menyelamatkan mannusia yang tenggelam di laut dan mendorongnya ke tepian pantai. Ada banyak jenis hewan lumba-lumba sekitar 30-40 jenis. Dolphin juga termasuk dari kerabat paus bergigi, karena mamalia satu ini juga termasuk hewan karnivora. Lubang udara yang ada di kepalanya ini berfungsi untuk mengambik oksigen di permukaan laut.

 

  1. Paus Biru

hewan-air-blue-whale

 

Paus Biru atau Blue Whale ini merupakan mamalia terbesar di dunia, beratnya sekitar 200 ton (sekitar 33 gajah). Paus biru memiliki hati ukuran Volkswagen Beetle. perutnya bisa menyimpan satu ton plankton sehingga dia perlu makan sekitar empat ton plankton setiap hari. Mereka adalah hewan yang memiliki suara paling keras di bumi dan bahkan melebihi  kerasnya suara mesin jet. panggilan mereka mencapai 188 desibel, sementara jet mencapai 140 desibel. Suara frekuensi rendah mereka dapat didengar sejauh ratusan mil dan mungkin digunakan untuk menarik paus biru lainnya. paus ini makan dengan cara menyaring makanannya, dan paus biru juga menelain air dalam jumlah banyak.  Dengan “keratinous” paus mampu memisahkan plankton dari air.  Jenis paus biru ini bisa tidur sambal berenang dengan menggunakan setengah otaknya ketika tidur.

 

  1. Pesut

hewan-air-pesut

 

Pesut juga termasuk mamalia air seperti lumba-lumba dan paus. Pesut memiliki gigi yang tidak runcing dan datar seperti sekop. Kehidupan pesut ini bisa kita temukan di sekitar laut Indonesia, Indocina dan filipina. Tidak seperti lumba-lumba, pesut cenderung hidup secara individua tau dalam kelompok kecil. Kepala pesut berbentuk bulat, sedangkan sirip punggung terdapat di punggung denagn bentuk segitiga, tumpul dan pendek. Dan secara keseluruhan ia mirip dengan paus ataupun lumba-lumba namu dia memiliki warna tubuh abu-abu cerah hingga biru tua

 

  1. Bintang Laut

hewan-air-bintang-laut

 

Starfish adalah nama lain dari bintang hewan air ini. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam kelas Asteroidea  dan filum Echinodermata. Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang bergerak merayap bebas sepanjang dasar laut dengan  kecepatan yang cukup rendah.

 

  1. Ikan

hewan-air-ikan

 

Nah tidak lupa, hewan air yang paling sering kita temui yaitu ikan. Ikan termasuk anggota vetrebata yang berdarah dingin dan hidup di dalam air. Dia berinsan serta memeili jumlah spesies terbanyak di dunia yaitu sekitar 27000 spesies. Hampir di semua genangan air kita bisa menemukan ikan. Namun pada air yang mengandung garam yang tinggi, maka ikan ini tidak akan bisa hidup. Dari berbagai jenis ikan, mereka memiliki ciri-ciri yang berbeda dan ukuran yang berbeda pula. Mulai dari hiu yang memiliki ukuran 14 meter hingga ikan stout infanfish yang berukuran 7mm.

 

Itulah penjelasan seputar berbagai jenis hewan yang hidup di air yang bisa saya sampaikan. Dari sekian banyak jenis hewan air, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • gambar hewan air
  • hewan air
  • hewan yang ada di air
author

Leave a reply "Berbagai Jenis Hewan Yang Hidup Di Air"