Cara Budidaya Ikan Nila yang Cepat

No comment 420 views

Budidaya Ikan Nila - Ikan NIla, siapa yang belum pernah melihat ikan ini? Ya, ikan ini memang buakn asli ikan dari Indonesia. Habitat aslinya itu di Sungai Nil dan Sungai-sungai disekitarnya. Nama Nila sendiri diambil dari nama latinnya yaitu Oreochromis niloticus. Budidaya ikan nila merupakan budidaya ikan yang paling cepat dibandingkan dengan ikan yang lain.

Ikan ini menjadi favorit para peternak ikan, Karena proses pertumbuhannya yang cepat dan harga jual yang relative tinggi. Untuk rasa daging ikan ini tidak kalah dengan yang lain. Ikan ini paling enak disantap dengan sambel rujak, sambel ijo dan dibikin asam manis.

cara-budidaya-ikan-nila-yang-cepat

Budidaya ikan nila bukanlah termasuk budidaya ikan yang sulit.  Bisnis budidaya ikan nila menjadi prospek yang bagus dan menguntungkan untuk para peternak ikan.  Ikan ini bisa dibudidayakan dimana saja seperti di sawah, kolam, jaring  apung, karamba, maupun diperairan payau.

 

Cara budidaya ikan nila yang cepat

  • Menyiapkan Kolam

Kolam merupakan suatu hal yang penting dakam pembudidayaan ikan nila. Hal ini harus dipersiapkan secara maksimal. Diantaranya yaitu dimulai dari pengeringan kolam, perbaikan saluran pemasukan dan pengeluaran air, pengisian air dan diamkan selama sekitar seminggu.

  • Memilih benih ikan Nila

Setelah hari ke tujuh atau ke delapan pengisian air kolam, maka langkah selanjutnya yaitu penaburan benih ikan nila ke dalam kolam. Ukuran benih ikan yang disebarkan biasanya sekitar 8-12 cm atau yang memiliki berat sekitar 30gram/ekor. Pemeliharaan benih ikan ini biasanya dilakukan hingga erat sang ikan mencapai  400/600 gram/ekornya.

  • Kebiasan makan Ikan Nila

Pemberian makan dan pemeliharaan yang benar dapat membuat ikan nila hidup sampai waktu panen ikan tiba. Untuk makan sendiri ikan nila memerlukan komposisis makanan sebagai berikut: lemah 70%, protein 20-30%, karbohodrat maksimal 73%. Makanan hijau-hijauan biasanya adalah Kipat, Kihujan, dan Kaliandra.

  • Pemeliharaan Ikan Nila.

Dalam hal ini terdapat 3 hal penting yang harus diketahui yaitu pengelolaan air, Pakan dan Hama Penaykit pada ikan Nila. Dlam pengelolaan air, kadar Oksigen dan Ph air sangat penting dan harus diperhatikan. Saat air dalam kolam sudah mulai keruh dan berbau, maka sebaiknya diganti denagn air yang baru. Untuk asupan makanan, ikan nila memerlukan 30 persen makanan dari berat tubuhnya. Dan yang terakhir Hama dan penyakit. Walau pun ikan nila terkenal dengan ikan yang tahan banting, akan tetapi kebersihan dari kolam sendiri harus tetap dijaga.

  • Panen Ikan Nila

Panen biasanya dilakukan dalam waktu 4-6 bulan tergantung kebutuhan konsumen. Untuk memanen ikan secara keseluruhan, biasanya kolam akan dikeringkan terlebih dahulu baru diambil semua ikannya. Dan panen juga bisa dilakukan secara bertahap bila ukuran dari ikan nila belum maksimal sehingga panennya tergantung dengan permintaan pasar.

 

 

 

author

Leave a reply "Cara Budidaya Ikan Nila yang Cepat"