Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Rumah Tangga

No comment 254 views

Cara Membuat Pupuk Kompos - Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Rumah Tangga merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan benda-benda yang sudah tidak berguna menjadi bermanfaat lagi. Salah satunya yaitu sampah organik, sampah organik merupakan sampah yang masih bisa kita gunakan  dna menghasilkan sesuatu melalui proses daur ulang yang benar. Contohnya yaitu cara membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga.

Limbah sampah rumah tangga bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya yaitu menjadi pupuk kompos. Kompos merupakan pupuk organik hasil dekomposisi bahan organik yang dihasilkan dari tanaman, hewan yang dilakukan oleh mikroorganisme aktif seperti bakter dan jamur.

Tidak semua sampah rumah tangga bisa dijadikan kompos. Hanya sampah rumah tangga seperti sisa sayur, sisa makanan, kulit buah, sisa buah dan sampah kebun seperti dedaunan dan rumput yang bisa dijadikan bahan untuk cara membuat kompos.

 

cara-membuat-pupuk-kompos-dari-sampah-rumah-tangga

 

Berikut langkah-langkah cara membuat pupuk kompos dari sampah ruamh tangga:

 

Pemisahan sampah

Pisahkan sampah organik dan an-organik terlebih dahulu. Sampah an organik yaitu sampah berupa platik, karet, dan kaleng. Sampah organik yaitu kulit buah, sisa ikan, sisa sayuran. Sampah yang ukurannya rada besar sebaiknya dipotong/dipecahkan terlebih dahulu.

Siapkan Wadah Kompos

Siapkan wadah untuk membuat kompos, tempat mebuat kompos bisa dari macam-macam bahan, seperti lubang dalam tanah, bak, drum, baskom dan lain sebagainya. Asalkan wadah tersebut tidak terkena air hujan secara langsung. Jika menggunakan drum atau baskom, lubangilah pada bagian dasar sebanyak lima lubang kemudian siletakkan sususnan batu bata diatasnya.

Pencampuran

Isi wadah dengan 1/3 Kompos lama, kemudian sampah rumah tangga dimasukkan. Aduk semua bahan secara rata. Selanjutnya bisa ditambahkan serbuk gergaji atau pupuk kendang dan organisme perombak limbah/ragi kompos. Lalu tutup wadah dengan karung/plastik.

Pematangan

Aduk sampah setiap 7 hari sekali, usahakan selama proses berlangsung suhu bahan antara 30-700 C. Kompos yang sudah jadi mempunyai ciri bau tidak busuk, namun berbau tanah, berwarna coklat kehitaman dengan suhu 30-320 C. biasanya kompos jadi setelah memasuki minggu ke-5 atau k-6.

Pengayakan dan pengemasan

Untuk memperoleh hasil yang seragam maka perlu dilakukan pengayakan pada kompos yang sudah matang. Kemudian pupuk kompos dikemas dalam plastik. Ini merupakan cara membuat kompos yang terakhir.

 

Jadi tidak susahkan untuk memanfaatkan limbah rumah tangga untuk dijadikan sesuatu yang berguna? Anda bisa mencoba cara membuat pupuk kompos diatas dirumah anda. Selamat mencoba 😀

Incoming search terms:

  • buat kompos dr limbah rumah tangga
author

Leave a reply "Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Rumah Tangga"