Macam-Macam Cotoh Limbah Organik Disekitar Kita

No comment 83 views

Contoh Limbah Organik – Apasih limbah organik itu? Apa beda dengan sampah organik? Sampah organik adalah item yang dianggap usang dan dihapus oleh pemilik / pengguna sebelumnya, tetapi masih dapat digunakan jika dikelola dengan baik dan Benar. Prosedur Sampah adalah sampah yang dapat mengalami pelapukan (dekomposisi) dan materi terurai menjadi lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut kompos). Kompos merupakan hasil pelapukan bahan organik seperti daun, jerami, rumput liar, sampah, rumput, dan proses pelapukannya bahan sejenis lainnya dipercepat oleh campur tangan manusia. Ada beberapa contoh limbah organik diantaranya adalah  sampah pasar seperti sayuran, pasar buah, atau pasar ikan, jenis yang relatif seragam, sebagian besar (95%) dari sampah organik sehingga lebih mudah ditangani. Limbah dari pemukiman umumnya sangat beragam, tetapi umumnya setidaknya 75% terdiri dari sisa organik dan anorganik.

 

Apa Sampah Organik?

 

Aliran limbah organik terdiri dari limbah asal biologis seperti kertas dan kardus, makanan, hijau dan taman limbah, kotoran hewan dan biosolids dan lumpur. sampah organik biasanya dihasilkan sebagai komponen limbah. Ada dua sumber umum dari kebingungan tentang sampah organik. Pertama, istilah ini umumnya tidak dimaksudkan untuk mencakup plastik atau karet meskipun untuk seorang ahli kimia organik, polimer ini tentu organik. Kedua, limbah membusuk adalah bagian dari limbah organik dengan perbedaan adalah bahwa limbah membusuk, untuk sisa misalnya makanan, cenderung terurai sangat cepat sedangkan beberapa limbah organik lainnya, misalnya kertas, cenderung membutuhkan waktu yang panjang atau kondisi khusus untuk terurai.

 

sampah organik

 

Volume sampah Dan Kontribusi

limbah organik merupakan komponen terbesar dari aliran limbah. Sekitar 1,2 juta ton sampah organik yang dihasilkan di Perth pada tahun 1996 (Waste 2020, 2001). 25% dari limbah ini berasal dari tanaman hijau limbah dengan kontributor utama lainnya untuk aliran limbah ini menjadi pupuk dan lumpur (20%), limbah makanan (18%) dan kertas dan limbah kardus (15%). pembukaan lahan, pengolahan kayu dan kayu bergabung untuk membentuk lain 18% dari sampah organik. Selain menjadi sumber daya berharga untuk tanah yang miskin hara, bahan ini menghasilkan tingkat yang paling signifikan dari polusi ketika dibuang di tempat pembuangan sampah. Beberapa bentuk dari limbah organik dapat menyebabkan masalah kesehatan masyarakat, seperti penyakit, bau dan hama.

 

Limbah organik Dan Lingkungan

Di tempat pembuangan sampah, limbah organik terurai anaerobik untuk menghasilkan biogas (terutama metana, gas rumah kaca yang signifikan) dan lindi yang mengandung nutrisi dan organik terlarut. lindi memiliki potensi untuk mencemari air tanah dan dapat melepaskan dan memobilisasi logam berat dari tempat pembuangan sampah (limbah 2020, 2001). Beberapa limbah organik seperti lumpur dan biosolids bisa mengandung logam berat atau polutan nutrisi. pembuangan yang tidak terkontrol dari biosolids dapat menyebabkan kontaminasi situs atau polusi air. Untuk melindungi sumber daya air yang kita perlu menekan polusi yang timbul dari perawatan yang tidak terkontrol dan pembuangan limbah organik. Terbuka pembakaran limbah organik mencemari udara dan berkontribusi terhadap masalah kabut asap di metropolitan.

 

Daur Ulang Dan Penggunaan Kembali

limbah organik adalah sumber daya dan dapat diolah menjadi berbagai produk yang berguna. Mengingat kandungan organik rendah tanah di Australia Barat, produk perbaikan tanah dapat dimanfaatkan, asalkan logistik dapat dibuat ekonomis. lahan pertanian dan terdegradasi di WA juga akan mendapat manfaat dari penerapan produk organik daur ulang. Potensi produk dan pasar termasuk mulsa, kompos, kascing, kondisioner tanah, kayu daur ulang, kayu bakar dan pemulihan energi.

daur ulang sukses sampah organik tergantung pada pemisahan yang memadai pada sumber generasi, memastikan produksi produk akhir yang berkualitas tinggi. pencernaan anaerobik merupakan pilihan bagi senyawa organik yang lebih berbahaya seperti biosolids dan lumpur hewan, yang biasanya tidak dikomposkan karena sifat ofensif mereka. Produksi produk organik daur ulang juga akan menghemat ruang TPA yang semakin langka dan mahal.

Dalam upaya untuk menjaga lingkungan yang bersih dan aman, sampah organik lebih disukai daripada item yang dapat merusak bumi dan yang tidak hancur. Untuk tas belanja contoh plastik dan botol air plastik membutuhkan waktu lama untuk hancur - dan meninggalkan jejak mereka di belakang mereka.

Kompos

Banyak pemilik rumah membuat kompos sendiri dari sampah organik mereka dengan menambahkan beberapa bentuk agen lainnya seperti pupuk kandang atau limbah pekarangan termasuk potongan rumput daun, ranting dan cabang untuk membantu membawa nutrisi penting kembali ke tanah. Kompos secara teratur juga membantu menjaga tempat pembuangan sampah sampah dan limbah planet lain di teluk. Para ahli menyarankan bahwa untuk kompos dengan benar dan efisien, ada empat bahan yang akan digunakan dalam resep: Nitrogen, Oksigen, Air dan Karbon. Rasio masing-masing tergantung pada tempat Anda tinggal di negara ini, kondisi cuaca dan tingkat sampah organik yang Anda miliki.

Dengan mencampur bahan-bahan tersebut, hasilnya biasanya, campuran hancur gelap terdiri dari bahan membusuk organik. Periksa dengan berkebun atau landscape profesional di toko perbaikan rumah tentang bagaimana mempersiapkan terbaik dan pengomposan utama di rumah.

Berikut adalah beberapa macam limbah organik yang harus kamu ketahui.

 

Macam-macam limbah organik:

 

  • Limbah kebun

Salah satu bentuk yang paling populer dari sampah organik benar bisa apa saja yang datang langsung dari taman Anda seperti tanaman, bunga, potongan rumput, gulma dan daun.

  • Sampah Dapur

Item yang dianggap sampah organik dari alam dapur termasuk kulit telur, sayuran dan kulit buah seperti rinds jeruk, kulit apel, tomat dan kulit mentimun. Apa pun yang mungkin Anda gunakan untuk membuat salad akan memenuhi syarat sebagai limbah hijau atau limbah organik.

  • Sisa Makanan

sisa dimasak dan daging yang pada akhirnya akan mengerut dan surut ke bumi. Kategori ini termasuk dingin pemotongan, daging kecoklatan dan bahkan tulang.

  • Produk kertas

Handuk kertas, karton, dan kertas tulis semua dianggap biodegradable dan aman bagi lingkungan setelah mereka menjadi rusak. item kertas seperti ini sering dianggap sebagai bahan kompos yang baik karena mereka memecah dengan cepat dan efisien.

  • Sampah masyarakat

kotoran manusia, kotoran, limbah dan bahkan limbah dari penyembelihan hewan adalah segala bentuk bahan limbah biodegradable. kotoran hewan biasanya dapat dibeli dalam jumlah besar di pusat-pusat rumah dan kebun.

 

 

author

Leave a reply "Macam-Macam Cotoh Limbah Organik Disekitar Kita"