Manfaat Dan Cara Pelestarian Lingkungan Hidup

No comment 649 views

Pelestarian Lingkungan Hidup - Salah satu unsur yang paling penting bagi kehidupan ini adalah lingkungan hidup. Bagaimana tidak? Semua makhluk dapat hiudup karena adanya lingkungan hidup. Manfaat lingkungan hidup ini sangat besar bagi makhluk hidup dan tidak bisa kita ragukan lagi. Bayangkan jika tidak ada lingkunga hidup, maka makhluk hidup bisa-bisa musnah.

Kerusakan alam yang sekarang ini terjadi juga sepatutnya perlu kita antisipasi dan tangani dengan langkah-langkah dan upaya yang konkrit agar lingkungan alam kita selalu terjaga. Lingkungan hidup sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu lingkungan alam dan buatan. Keduanya memiliki perbedaan sebagai berikut:

 

upaya-pelestarian-lingkungan

 

  1. Lingkungan hidup alami merupakan lingkungan alam yang telah ada keberadaanya tanpa campur tangan manusia. Lingkungan ini meliputi komponen biotik maupun komponen abiotic. Makhluk hidup, organisme, hewan dan tumbuhan merupakan contoh dari komponen biotik, sedangkan komponen abiotic terdapat udara, air, tanah, cahaya matahari ataupun unsur tak hidup yang menunjang kehidupan komponen biotik.
  2. Lingkunga hidup buatan adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia dengan cara memodifikasi atau mengelola lingkungan hidup. Hal ini dikarenakan bahwa lingkungan hidup alami memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan makhluk hidup.

 

Dari beberapa penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan jika lingkunga hifup merupakan pusat dari kehidupan manusia. Berikut beberapa manfaat lingkungan hidup untuk manusia:

  1. Sebagai tempat berathan hidup.

Di lingkunganhidup terdapat unsur-unsur yang saling memiliki keterkaitan satu dan yang lainnya sperti ketersediaan udara, air, sinar matahari, lahan dan yang lainnya yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup.

  1. Tempat untuk mencari makan

Contohnya saja para petani, mereka memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian, nelayan dari lautan dan pengusaha yang memperoleh sumber kehidupannya dari proses produksi yang mengelola bahan-bahan dari lingkungan hidup.

  1. Tempat untuk bersosialisai

Manusia adalah makhluk hidup social maka dari itu, lingkungan hidup ini memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan bersosialisasi kita. Lingkungan hidup bisa menjadi tempat yang strategis bagi manusia untuk menciptakan tempat tinggal yang baik, dimana dalam lingkungan tersebut .

  1. Tempat untuk mencari kekayaan

Banyak sekali kekayaan yang ada dalam lingkungan hidup, contohnya perak, batu bara, dan barang tambang lainnya. brang-barang tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan bagi manusia bila sudah diolah menjadi berbagai jenis produk seperti perhiasan, bahan bakar dan lain sebagainya.

  1. Tempat untuk mendapatkan hiburan

Lingkunga hidup tidak hanya butuh pakaian, tempat tinggal maupun makanan saja, namun hiburan juga perlu untuk menghindari rasa jenuh dan stress.  Danau, pantai, gunung-gunung dan taman merupakan contoh dari lingkungan hidup yang bisa menyediakan tempat untuk menghilangkan stress.

Dalam perayaan Hari Bumi, berikut adalah beberapa cara tentang bagaimana kita  dapat berkontribusi untuk menyelamatkan satu-satunya planet kita ini. ledakan penduduk dan kemajuan berbasis teknologi telah mengambil akibat serius pada lingkungan alam kita. Jadi sekarang kita perlu melakukan bagian kita dalam membalikkan efek dari degradasi agar umat manusia untuk terus hidup dengan cara yang layak huni. Untuk mendapatkan manfaat itu semua, tentunya kita perlu melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup kita.

lingkungan-hidup

 

Upaya pelestarian hidup adalah sebagai berikut:

  • Menghemat energi. Dengan menurunkan tagihan listrik Anda dan membantu menghindari tuntutan puncak pada tanaman.
  • Jangan membakar sampah di halaman Anda. karena pembakaran limbah di pekarangan akan melepaskan jamur, jelaga, dan kontaminan lainnya yang dapat memperburuk alergi dan menyebabkan masalah pernapasan.
  • Reboisasi . Pohon menyerap karbon dioksida, gas rumah kaca.
  • Tidak pernah menuangkan apapun terutama limbah minyak atau rumput sisa bahan kimia dalam pembuangan air atau selokan atau sungai. Ini akan berakhir dalam aliran terdekat.
  • Daur ulang. Jika komunitas Anda tidak menawarkan program daur ulang, meminta pejabat setempat untuk memulai satu.
  • Jangan menaruh bahan berbahaya di tempat sampah. seperti cat, pestisida, bahan kimia rumput, baterai mobil, limbah minyak dan bahan yang sama untuk rumah tangga lokal limbah berbahaya hari koleksi Anda
  • Kertas atau plastik? Lebih baik lagi, gunakan tas kanvas ke toko dan gunakan setiap kali Anda berbelanja.
  • Memberikannya, jangan membuangnya. Banyak organisasi amal menerima sumbangan pakaian dapat dipakai dan lembut digunakan barang-barang rumah tangga.
  • Buatlah sengkedan atau terasering pada lahan yang curam, ini akan berguna untuk menghindari risiko erosi. Dengan begitu lingkungan hidup akan lebih seimbang dan normal.

 

Itulah beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan kita, dengan begitu maka lingkungan hidup kita akan sehat dan terjaga sehingga bisa membuat orang nyaman dari hari ke hari

Incoming search terms:

  • manfaat melestarikan lingkungan
  • manfaat pelestarian lingkungan hidup
  • manfaat pelestarian lingkungan
  • contoh kelestarian lingkungan dan manfaatnya
  • gambar manfaat lingkungan alam dan buatan
  • manfaat kelestarian lingkungan hidup
author

Leave a reply "Manfaat Dan Cara Pelestarian Lingkungan Hidup"