Mengenal Lebih Dekat Bunga Bangkai Raksasa, “Rafflesia Arnoldi”

Bunga Bangkai  Raksasa - Bunga bangkai besar  atau yang sering disebut juga dengan padma raksasa ( Rafflessia arnoldi) . banyak yang mengira bunga ini adalah bunga bangkai.  tapi itu adalah hal yang salah, karena pada dasarnya bunga Rafflesia arnoldi dan bunga bangkai adalah bunga yanag berbeda walaupun sama-sama mempunyai bau busuk. bunga Rafflesia arnoldi merupakan salah satu tanaman sari suku talas-talasan dan merupakan tumbuhan endemic berasal dari Sumatera.

Padma raksasa atau Rafflesia arnoldi merupakan tumbuhan parasit obligat yang sangat terkenal karena ukuran bunganya yang besar dan merupakan bunga terbesar di dunia. bunga raksasa berbau busuk ini ditetapkan untuk menadi puspa langka Indonesia, salah satu dari 3 puspa nasional Indonesia lainnya setelah puspa bangsa (melati) dan puspa pesona (anggrek bulan).

mengenal-lebih-dekat-bunga-bangkai-raksasa-rafflesia-arnoldi

Nama Rafflesia arnoldi sendiri berasal dari gabungan penemu bunga raksasa ini unutk pertama kalinya pada tahun 1818 di hutan tropis oleh Dr. Joseph Arnold. dan pada saat itu Dr. Joseph Arnold sendiri sedang mengikuti ekspedisi yang dipimpin Thomas Stamford Raffles.

Bunga Rafflesia arnoldi sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut. ia tumbuh di dalam batang liana dari genus Tetrastigma, mempunyai bau yang busuk, bunga ini tidak memiliki daun sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis. Rafflesia arnolsi mengambil nutrisi dari pohon inangnya.

Selain tidak memiliki daun, bunga ini juga tidak memiliki batang dan akar.bunga bangkai besar ini memiliki 5 mahkota bunga yang lebarnya mencapai 70-110 cm dan tinggi sampai 50 cm serta berat hingga 11 kg. Untuk masa pertumbuhannya bunga ini memerlukan waktu sekitar 9 bulan, dan hanya mekar sekitar 5-7 hari. setelah itu Rafflesia akan layu dan mati.

Habitat dan konversi. bunga raksasa ini hanya bisa dijumpai di bengkulu. meskipun ada beberapa tempat lain kita bisa menemukan bunga ini. tapi kemungkinan itu adalah raffelsia jenis yang lainnya. Kita dapat menemui bunga rafflesia arnoldi ini adalah di taman nasiaonal kerinci seblat (tnks), taman nasional bukit barisan selatan, pusat pelatihan gajah, dan padang guvi kabupaten kaur.

Bunga ini termasuk langka karena keberadaannya yang susah untuk ditemukan. bunga ini bersembunyi selama berbulan bulan di tubuh inangnya dan akhirnya hanya akan mekar selama seminggu dan kemudian layu. Namun dari lembaga konservasi internasional tidak memasukan bunga ini sebagai salah satu bunga yang langka. Dari sekitar 30 jenis rafflesia di dunia, hanya ada satu yang dianggap terancam punah, yaitu rafflesia magnifica yang berada di filipina.

Kita patut bangga bahwa dari sekitar puluhan jenis rafflesia, indonesia memiliki jumlah jenis terbanyak yaitu sekitar 15 species. dan lebih bangga lagi karena rafflesia arnoldi adalah  bunga bangkai raksasa terbesar di dunia yang tumbuh endemic di sumatera, indonesia.

author

Leave a reply "Mengenal Lebih Dekat Bunga Bangkai Raksasa, “Rafflesia Arnoldi”"