Nama Kucing Nabi Muhammad SAW Dan Kisahnya

No comment 183 views

Nama Kucing Nabi – Pada Zaman dahulu nabi Muhammad memiliki peliharaan yaitu kucing. Nama kucing nabi muhammad adalah Muezza. sebagai rosul umat islam nama kucing nabi muhammad SAW menjadi perhatian karena kucing tersebut adalah kucing yang sangat disayang oleh rosul. Bahkan dalam beberapa hadist telah dikisahkan tentang kucing rosul ini. Memang pada dasarnya sebagai umat islam kita diperintahkan untuk menyayangi dan menjaga segala macam ciptaan Tuahan. Termasuk hewan peliharaan yang ada disekitar kita yaitu kucing.

 

Arti Nama Kucing Nabi Muhammad Muezza

Nama kucing nabi muhammad tergolong nama kucing lucu dan unik, karena nama ini mudah diucapkan sekaligus mudah untuk diingat. Tidak ada keterangan dalam hadits mengenai jenis kelamin kucing nabi Muhammad SAW kita ini.

 

Muezza. nama kucing nabi muhammad

 

Arti Nama Muezza

Dalam bahasa arab jika anda ketik pada google translate maka akan leluar kata (موزة) dan diartikan dalam bahasa indonesia sebagai “Moza” dan ada pilihan arti “moza bintang”. Namun setidaknya anda bisa menjadikannya nama kucing anda sebagai alternatif dari kata muezza. Dari kamus online arti kata ini juga tidak ada.

Ada beberapa kamus yang memang juga tidak bisa mengartikan dari kata muezza. Oleh karena itu aku berfikir mungkin kata muezza merupakan dari kata tertentu yang dipelesetkan atau dimirip-miripkan atau juga diubah sehingga keliatan lebih bagus untuk kucing.

arti nama muezza

 

  • Ma’azza : disebutkan bahwa arti kata muezza dari kata ma’azza yang mempunyai arti “peduli terhadap seseorang“
  • Ma’azzah : ada pula yang menyebutkan muezza bahwa kemungkinan dari kata ma’azzah yang memiliki arti “begitu berharga dan begitu disayang“.

 

KISAH TENTANG KUCING NABI MUHAMMAD SAW  MUIZZAH ATAU MUEZZA

 

Anda pernah mendengar kisah tentang kucing peliharaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam? Dalam kisah yang banyak beredar di internet disebutkan:

Pada suatu saat, di kala Nabi hendak mengambil jubahnya, ditemukan Muezza yang sedang terlelap tidur dengan santai di atas jubahnya. Nabi tidak ingin mengganggu hewan kesayanganya itu, Nabi kemudian memotong belahan lengan yang ditiduri Muezza dari jubahnya.

Kemudian Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasanya, Nabi mengungkapkan kasih sayangnya dengan cara mengelus lembut ke badan kucing itu sebanyak 3 kali. Di dalam aktivitas lain, setiap kali Nabi menerima tamu di rumahnya, Nabi Muhammad SAW selalu menggendong Muezza yang nabi sukai yaitu kucingnya selalu mengeong ketika mendengar adzan, yang seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan. Untuk para sahabatnya, Nabi berpesan bahwa untuk menyayangi kucing peliharaanya, layaknya menyayangi keluarga sendiri.

Tak hanya nabi, istri nabi sendiri, Aisyah binti Abu Bakar Ash Shiddiq pun amat menyukai kucing, dan merasa amat kehilangan dikala ditinggal pergi oleh si kucing.

Seorang sahabat yang juga ahli hadist, Abdurrahman bin Sakhr Al Azdi diberi julukan Abu Hurairah (bapak para kucing jantan), karena kegemarannya dalam merawat dan memelihara berbagai kucing jantan dirumahnya.

 

Hukum Membunuh Kucing

Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah hadist shahih Al Bukhori, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Tahukah anda bahwa Nabi Muhammad s.a.w. juga membela kucing? Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW, bersabda:

“Seorang wanita disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati. Kemudian wanita itu masuk neraka karenanya, yaitu karena ketika mengurungnya ia tidak memberinya makan dan tidak pula memberinya minum sebagaimana ia tidak juga melepasnya mencari makan dari serangga-serangga tanah.” (Shahih Muslim No.4160).

Karena sudah menjadi perintah Nabi besar Muhammad SAW sebagai rosul islam maka sebaiknya kita memperlakukan kucing sebagai sahabat kita, karena kucing memang ada disekitar kita dengan keistimewaannya dalam islam  dan mereka bukanlah hewan pengganggu. Dan memberikan nama kucing seperti halnya nama kucing Nabi Muhammad SAW adalah salah satu bentuk rasa sayang kita pada kucing dan menjadikannya sebagai teman dan sahabat kita.

Dan dalam syariat Islam, seorang muslim diperintahkan untuk tidak menyakiti atau bahkan membunuh kucing, berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari kisah Abdullah bin Umar dan Abu Hurairah.

Incoming search terms:

  • kata kata untuk teman yang ditinggal kucing
  • Muezza
  • Arti dari nama mueeza dalam kamus
  • nama kucing dalam islam
  • nama kucing nabi
  • nama kucing yg cepat diingat oleh kucing
  • nama nama kucing dalam hadis riwayat Muslim
  • nama nama kucing rosul
  • sebutkan nama nama kucing nabi muhammad saw
author

Leave a reply "Nama Kucing Nabi Muhammad SAW Dan Kisahnya"