Spesies Pada Ekosistem Hutan Bakau

No comment 447 views

Ekosistem hutan bakau - Hutan mangrove atau hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di daerah pasang surut seperti pantai, laguna dan muara sungai yang tergenang pada saat pasang. Mangrove memainkan peran sentral dalam mentransfer bahan organik dan energi dari tanah untuk ekosistem hutan dan ekosistem laut.

Hal ini dan energi berasal dari cabang dan daun yang jatuh,hingga akhirnya membentuk rantai makanan laut yang penting. Bakteri memecah atau melepaskan nutrisi dari pohon bakau yang berguna ke dalam air yang kemudian dapat dikonsumsi atau digunakan oleh spesies laut. Sistem akar yang padat membentuk rumah untuk ikan, kepiting, udang, dan moluska. Ikan muda tinggal di bawah akar pohon mangrove, di mana ada banyak makanan dan bisa berlindung mereka dari predator hingga mereka cukup umur untuk pindah ke karang.  Bakau memulai rantai makanan dengan mengubah sinar matahari menjadi energi dan makanan yang mendukung mikroorganisme yang pada gilirannya dukungan yang lebih besar dan lebih besar hewan. Daun yang jatuh di air yang rusak kepiting dan siput dan pada gilirannya memberikan nutrisi bagi bentuk kehidupan lainnya.

 

spesies hutan bakau

 

Selain itu, hutan mangrove adalah tempat bersarang dan migrasi oleh ratusan spesies burung, serta rumah bagi berbagai spesies seperti reptil, amfibi, dan mamalia. Misalnya, bakau Sunderban dari India dan Bangladesh yang merupakan hutan bakau terbesar di bumi  adalah rumah bagi harimau Bengal, rusa, buaya air asin, kucing, dan berbagai spesies lumba-lumba. ekosistem hutan bakau.

 

Berikut spesies hewan yang ada di ekosistem hutan bakau

 

Mudskippers

 

spesies hutan bakau mudskipper

Mudskippers adalah ikan kecil yang ditemukan di lumpur yang menghabiskan banyak waktu keluar dari air. Mereka menghabiskan sekitar setengah waktu mereka di darat dan dapat hidup sampai seminggu tanpa air. Spesies terbesar mencapai panjang sekitar 20 sentimeter. Mudskippers bisa bernapas di darat maupun di air. Seperti semua ikan mereka memiliki insang. Tapi apa yang membuat mereka unik adalah ruang kecil mereka memiliki luar insang mereka yang menjebak air dan memungkinkan mereka untuk napas atas tanah, semacam seperti tangki scuba secara terbalik. Untuk napas dengan cara ini mereka harus secara teratur mengisi mulut mereka dengan air. Mereka juga dapat menyerap oksigen melalui kulit mereka seperti kodok tidak tetapi untuk melakukan hal ini mereka butuhkan untuk menjaga kulit mereka basah dan sering berguling-guling di lumpur untuk mencapai tujuan itu.

 

Kepiting

 

spesies hutan bakau kepiting

Kepiting hidup di lubang dan mengambil makanan dengan penjepit di depan mulut mereka.Mereka membuat suara saat mereka menghirup lumpur, Entah bagaimana dalam otak mereka mereka menghitung langkah mereka dan menggunakan triangulasi untuk mencari tahu di mana mereka berada dalam kasus mereka harus membuat menjalankan untuk itu untuk relatif aman untuk mereka.

 

Mangrove Finch

 

spesies hutan bakau mangrove finch

Burung ini diduga hanya memiliki maksimal 200 individu dewasa yang tersisa di alam liar, terbatas pada pantai utara-barat Pulau Isabela. Burung ini mendiami hutan bakau yang lebat dan memakan serangga, larva, laba-laba dan beberapa sayuran. Ancaman terbesar bagi burung ini adalah predasi dan penyakit dari spesies invasif seperti tikus umum (Rattus rattus).

 

Himantura (Ikan  Pari)

 

spesies hutan bakau himantura

Ini adalah (141cm di) ikan pari besar yang lebih suka perairan dangkal, termasuk  perairan pesisir mangrove. populasi di seluruh jangkauan tidak diketahui tetapi jauh lebih umum daripada spesies Himantura lainnya. Ancaman sebagian besar berasal dari industri penangkapan ikan di seluruh jangkauan, namun hilangnya habitat dan polusi juga mempengaruhi angka populasi mereka.

 

Buaya

 

spesies hutan bakau buaya

Mereka kebanyakan ditemukan di habitat pesisir seperti laguna dan mangrove tetapi juga menghuni air tawar. mangsa utama mereka adalah ikan. pembangunan pesisir mengarah pada hilangnya tanah bersarang dan hilangnya habitat mangrove untuk spesies ini. Meskipun larangan, perburuan liar untuk kulit ini buaya adalah ancaman terus-menerus. Spesies ini juga hibridisasi dengan spp lainnya Crocodylus. tetapi belum jelas apakah ini akan memiliki jangka panjang merugikan mempengaruhi pada populasi.

 

Bekantan

 

spesies hutan bakau bekantan

primata unik ini memiliki populasi menurun dari hanya beberapa ribu dalam ekosistem hutan. Hal ini ditemukan di hutan pantai dan sungai seperti bakau dan terbatas pada habitat tertentu. Bekantan mudah diidentifikasi karena memiliki hidung yang besar, perut depan dengan bulu kemerahan. makanannya sebagian besar terdiri dari daun dan buah tetapi juga akan makan bunga dan biji. Karena hubungannya dengan habitat pesisir, ancaman utama bagi hewan ini adalah kerusakan habitat. Penebangan, kebakaran dan pengembangan hutan melanggar cepat pada daerah monyet ini menempati.

Incoming search terms:

  • hewan amfibi yang tinggal di hutan bakau
  • hewan yang berlindung di hutan bakau
  • cari flora dan fauna yang ada di hutan
author

Leave a reply "Spesies Pada Ekosistem Hutan Bakau"