Teknik Ampuh Budidaya Tanaman Kelapa Sawit

No comment 382 views

Budidaya Tanaman kelapa sawit. Budidaya kelapa sawit merupakan usaha yang sangat menarik dan sangat menguntungkan karena produk akhir dari tanaman ini berupa minyak. Karena bisni ini menjadi primadona bagi kalangan pengusaha pengusaha sawit.

Namun sebetulnya yang harus kita ketahui bahwa budidaya tanaman kelapa sawit ini akan selalu menghadapi tantangan utapa yaitu soal kualitas, kuantitas dan kelestarian. Karena jika anda melakukan budidaya tanaman kelapa sawit dengan cara yang salah maka akan membuat kulaitasnya menurun,, dengan kulaitias yang kurang maka akan kurang diminati oleh perusahaan-perusahaan pengolah sawit.

 

teknik budidaya tanaman kelapa sawit

 

Maka dari itu kita harus paham bahaimana cara membudidaya tanaman kelapa sawit, mulai dari cara penanaman, iklim daerah tersebut, cara membasmi hama dan cara panen dari tanaman kelapa sawit tersebut. Berikut adalah Teknik ampuh budidaya tanaman kelapa sawit.

  1. Iklim

Iklim yang ideal untuk budidaya tanaman kelawa sawit adalah penyinaran matahari rata-rata 5-7 jam per harinya, dan curah hujan dalam setahun 1.500 – 4.000 mm. temperature yang dibutuhkan 24-280C. ketinggian yang ideal untuk membudidayakan tanaman sawit yaitu 1 sampai 500 mdpl. Kecepatan angin yang dibutuhkan 5-6 km/jam untuk membantu proses penyerbukan.

 

  1. Media tanam kelapa sawit

Media yang cocok untuk membudidayakan tanaman ini adalah tanah yang banyak mengandung lempung, baeraerasi yang baik dan subur. Sistem darinase yang baik dapat dijadikan tempat untuk budidaya tanaman kelapa sawit.

 

  1. Pembibitan dan penyemaian

Cara pembibitan yang ideal adalah memasukan biji sawit dimasukan ke polybag dengan lapisan paling atas pada tanah yang lembut dan gembur, biji ditanam sedalam 2 cm. tanah yang ada di polybag harus selalu berkondisi lembab. Setelah 3 atau 4 bulan pindahkan dari polybag ke tanah.

 

  1. Pembuatan lobang tanam

Setetah tanaman kelapa sawit mempunya 4 sampai 5 helai daun, itu lah saatnya harus dipindahkan ke media tanah. Gali tanah dengan ukuran 50x40cm dengan kedalaman 40 cm, jarank yang ideal antara jarak satu pohon dengan pohon lain adalah 1.5 m.

 

  1. Cara Penanaman

Penanaman pada awal musim hujan, setelah musim hujan turun teratur. Sehari sebelum ditanam siram tanaman kelapa sawit  yang ada di polybag, kemudian lepaskan plastic polybag dengan sangan hati hati dan masukan kedalam lobang tanam. Taburkan pupuk selama kurang lebih 1 minggu di sekitar tanaman. Kemudian timbun kembali lubang tanam tadi.

 

  1. Hama

Hama pada tanaman kelapa sawit ini ada dua yaitu hama ulat setora dan hama tungau. Hama tungau disebabkan oleh tungau merah atau Oligonychus, bagian yang diserah adalah daun. Cara membasminya dengan cara menyemprotkan pentosa atau Natural BVR sedangkan hama  ulat setora disebabkan oleh setora nitens bagian yang diserang adalah daun dan ra membasminya dengan cara penyemprotan dengan pentose.

 

  1. Umur panen

Setelah 2.5 tahun tanaman kelapa sawit akan mulai berbuah dan masak dalam waktu 5.5 bulan setelah penyerbukan. Tanaman kelapa sawit bisa dipanen juka sudah berumur 31 bulan, cir juka sudang matang adalah setidaknya ada 5 buah dari satu tandan yang jatuh dari tandan, beratnya kurang lebih 10 kg.

 

author

Leave a reply "Teknik Ampuh Budidaya Tanaman Kelapa Sawit"