Tempat Perlindungan Hewang Langka Di Indonesia

No comment 146 views

Tempat Perlindungan Hewan - Indonesia merupakan Negara yang dianugerahi kekayaan alam yang sangat melimpah dan beraneka ragam, baik itu hewan maupun tumbuhan. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah tempat perlindungan hewan langka. Ya, sekarang ini banyak sekali hewan-hewan di Indonesia yang sudah langka. Hal ini diakibatkan karena rumah mereka yang sudah abnyak dibakar dan banyak digunakan untuk pembukaan lahan. Oleh karena itu pemerintah membuat tempat untuk melindungi hewan langka. Tempat untuk melindungi hewan langka disebut Taman Nasional, Suaka Margasatwa dan Cagar Alam.

Berikut ini adalah contoh hewan langka yang dilindungi di Indonesia diantaranya ada komodo, burung gosong, buaya muara, harimau sumatera, badak bercula dua, gajah sumatra, badak bercula satu, banteng, orang utan, merak, anoa, babi rusa, cendrawasih, elang jawa dan lain-lain.

Dengan keadaan yang semakin parah karena adanya aktivitas perburuan, maka kehidupan hewan langka di Indonesia semakin parah dan terancam. Pemerintah melakukan beberapa langkah terpadu yakni mendirikan tempat untuk melindungi mereka. Kelangsungan hidup mereka didukung oleh keberadaan temapt hidupnya. Kebanyakan daerah perlindungan diciptakan bagi jenis hewan dilindungi. Berikut tempat perlindungan hewan langka yang ada di Indonesia.

 

Suaka Margasatwa

suaka margasatwa

 

Tempat perlindungan hewan yang pertama yaitu suaka margasatwa. Suawa margasatwa adalah tempat pelestarian hewan liar yang ada didalamnya sekaligus untuk tempat hidupnya. Suaka margasatwa sendiri terdiri dari 3 suku kata suaka yang artinya perlindungan, marga berarti keluarga dan satwa yakni binatang. Jadi suaka marga satwa adalah tempat untuk perlindungan keluarga hewan. Contoh suak margasatwa adalah suaka margasatwa baluran dan meru Betiri.

 

Cagar Alam

cagar alam bunaken

 

Cagar alam merupakan tempat pelestarian hewan dan tumbuhan. Dan didalamnya juga sudah dilindungi undang-undang dari bahaya kepunahan. Karena dilindungi oleh pemerintah, cagar ala mini memilki tujuan untuk melindungi fauna dan flora yang ada didalamnya. Contoh daric agar alam yang ada di Indonesia adalah Cagar Alam Tangkuban Perahau, Cagar alam Ujung Kulon dan Cagar alam Gunung Gede.

 

Taman Nasional

taman nasional way kambas

 

Tempat perlindungan hewan langka disebut taman nasional merupaakn kawasan untuk melestarikan alam dan mempunyai ekosistem asli untuk tujuan ilmu penegetahuan, penelitian, dan pariwisata serta budaya. Beberapa taman nasional yang ada diInodensia adalah Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bunaken, dan Taman ansional Gede Pangrango.

 

Tempat untuk melindungi hewan yang hampir punah memiliki banyak manfaat. kelestarian dan keanekaragaman hayati juga bermanfaat untuk ilmu pengetahuan anak cucu kita kedepannya. Selain itu, dengan terjganya kelestarian ekosistem akan membuat jaring-jaring makanan yang ada di Bumi menjadi stabil.

Incoming search terms:

  • daerah pelestarian hewan liar yang ada didalamnya beserta tempat hidupnya adalah?
author

Leave a reply "Tempat Perlindungan Hewang Langka Di Indonesia"